Penyebab Rambut Rontok

Apa yang menyebabkan rambut rontok?

Mungkin anda belum menemukan solusi untuk mengatasi rambut rontok anda sekarang tidak usah khawatir karena anda bisa menggunakan castor oil yang mana memang benar bahwa pria lebih mungkin untuk kehilangan rambut daripada perempuan, sebagian besar karena kebotakan nah itulah yang menjadi peyebab rambut rontok. Tapi, rambut menipis dan rontok juga sering terjadi pada wanita. Alasannya berkisar dari yang paling sederhana dan sementara seperti kekurangan vitamin, hingga ke masalah yang lebih kompleks, seperti tanda dan gejala dari suatu penyakit. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan minyak jarak produk murni yang kita jual untuk mengatasi kerontokan rambut, rambut botak, rambut kering dll.

Shampo Rambut Rontok, Cara Cepat Menumbuhkan Rambut, Mengatasi Rambut Rontok Parah
Shampo Rambut Rontok, Cara Cepat Menumbuhkan Rambut, Mengatasi Rambut Rontok Parah

Penyebab rambut rontok berlebihan bisa di karenakan banyak faktor. Tidak sedikit orang menjadi panik karena kerontokan rambut yang semakin parah dan dikawatirkan akan menimbulkan kebotakan. Telah kami singgung sebelumnya jika kerontokan rambut yang berlebihan dan parah biasanya lebih banyak dialami oleh pria. Hal ini diakibatakan adanya hormon testosteron pada pria yang bereaksi dengan 5-alpha-reductase Dimana membentuk hromon DHT yang mana akan memicu kantong rambut menjadi mengecil dan pada akhirnya rambut tidak dapat mempertahankan kekuatan akar rambutnya sehingga terjadilah kerontokan rambut.

1. Stress

Segala macam trauma fisik dari mulai stress berat, pascamelahirkan, kecelakaan, penurunan berat badan signifikan, atau penyakit serius, bahkan flu, hingga faktor emosional seperti perceraian, berkabung, atau tekanan pekerjaan, bisa menyebabkan rambut rontok dalam jumlah besar walaupun hanya berlangsung sementara. Ini disebut juga telogen effluvium. Wanita yang mengalami telogen effluvium umumnya menyadari kerontokan rambut enam minggu hingga tiga bulan setelah pengalaman stress berat.

Siklus hidup rambut memiliki tiga fase penting: masa pertumbuhan, masa istirahat, dan masa rontok. Stress berat bisa mengganggu siklus rambut, sehingga mempercepat rambut mengalami kerontokan. Tandanya bisa dari helai rambut rontok dari akar (memiliki ‘kantung’ lonjong seperti bohlam di ujungnya). ‘Kantung’ ini berarti rambut tersebut telah melalui keseluruhan fase pertumbuhan, mengindikasikan siklusnya telah dipercepat akibat pengaruh stres.

Cara mengatasi: rambut rontok yang disebabkan oleh telogen effluvium hanya memerlukan waktu. Pertumbuhan rambut akan kembali normal seiring dengan proses pemulihan tubuh dari stress.

2. Rambut rontok turunan

Rambut rontok akibat genetik merupakan penyebab kerontokan paling umum. Gen bisa diturunkan dari salah satu pihak orangtua, namun Anda memiliki risiko kerontokan rambut yang lebih besar jika kedua orangtua Anda juga mengalami rambut rontok. Wanita yang memiliki penipisan rambut genetik (androgenetic alopecia) cenderung mengalami penipisan di garis rambut. Walaupun kondisi ini umumnya timbul sekitar usia 50-60 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan gejala akan mulai timbul dan berkembang di usia 20-an.

Secara umum, setiap kali rambut mengalami kerontokan, akan tergantikan dengan rambut baru yang berukuran sama. Namun pada kasus ini, setiap rambut baru akan memiliki tekstur yang semakin halus dan tipis, karena folikel rambutnya mengecil dan lama-kelamaan berhenti tumbuh sama sekali.

Cara mengatasi: kebotakan bisa dicegah dengan mengonsumsi obat penumbuh rambut, walaupun pada wanita, dosis harus diperkecil. Selain itu, wanita hamil dan menyusui dilarang menggunakan beberapa tipe obat, seperti minoxidil.

3. Kelebihan vitamin A

Dilansir dari health.com merujuk pada American Academy of Dermatology, terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin A atau obat-obatan tertentu bisa memicu kerontokan rambut.

Cara mengatasi: kerontokan rambut akibat kelebihan vitamin A mudah diatasi hanya dengan mengurangi kadar vitamin A dalam darah kembali ke ambang normal.
Angka Kebutuhan Gizi (AKG) harian dari suplemen vitamin A untuk dewasa dan anak di atas usia 4 tahun adalah 2,500 – 10,000 IU.

4. Kekurangan vitamin B

Defisiensi vitamin B termasuk jarang, namun kerontokan rambut akibat kekurangan vitamin B termasuk mudah ditangani.

Cara mengatasi: rutin konsumsi suplemen vitamin B, dan mengubah pola dan menu makan Anda dengan bahan-bahan makanan kaya vitamin B (daging, ikan, jagung, kentang, labu, kacang polong, ubi), dan buah-buahan non sitrus yang mengandung lemak baik, seperti alpukat dan kacang-kacangan.

5. Kekurangan protein

Jika Anda tidak mencukupi kebutuhan protein Anda, tubuh akan menarik jatah protein dari folikel rambut Anda dan menghentikan pertumbuhan rambut.
Kerontokan rambut akibat kekurangan protein bisa mulai terlihat 2-3 bulan setelah penurunan asupan protein.

Cara mengatasi: Asupan protein cukup mudah didapat, termasuk dari ikan, daging, dan telur. Jika Anda seorang vegan/vegetarian, sumber protein bisa didapat dari kacang polong, quinoa, kacang dan biji-bijian, chickpea, tempe, dan tahu.

6. Anemia

Hampir 1 dari 10 wanita berusia 20-49 tahun mengalami anemia akibat defisiensi zat besi.

Wanita yang memiliki perdarahan menstruasi hebat atau tidak mencukupi kebutuhan zat besi akan cenderung mengalami anemia. Anemia akibat kekurangan zat besi menyebabkan kelelahan yang amat sangat, lemah tubuh, dan kulit memucat. Anda juga mungkin akan mengalami sakit kepala berulang, sulit konsentrasi, telapak tangan dan kaki dingin, serta rambut rontok.

Wanita pada umumnya memerlukan 18 mg zat besi setiap hari, 8 mg pascamenopause.
Cara mengatasi: suplemen zat besi bisa bantu Anda mengatasi anemia (cari suplemen yang juga mengandung biotin, silika, dan L-cysteine). Selain itu, cukupi asupan zat besi dari menu makanan Anda sehari-hari. Sumber zat besi yang baik termasuk daging merah, ikan, babi, sayuran hijau, sereal yang diperkaya zat besi, dan biji-bijian. Direkomendasikan untuk mencukupi kebutuhan zat besi dibarengi juga oleh vitamin C, yang bisa membantu memperlancar penyerapan zat besi.

7. Gangguan kelenjar tiroid

Hypotiroidisme adalah kondisi di mana kelenjar tiroid tidak bekerja dengan optimal untuk memproduksi hormon yang terkait dengan metabolisme, serta pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Sementara hypertiroidisme adalah suatu kondisi medis di mana produksi hormon metabolisme justru berlebih, sehingga menyebabkan jantung berdebar, diare, mudah marah, gugup, kulit terasa lembap, lemah otot, dan ekspresi mata yang selalu terlihat kaget.

Hypotiroidisme mungkin menyebabkan beberapa gejala, termasuk kenaikan berat badan tanpa sebab, kelelahan, sembelit, depresi, dan sulit berkonsentrasi. Rambut, kulit, dan kuku mudah rapuh dan patah. Gangguan tiroid lebih umum ditemukan pada wanita, khususnya di umur 50-an.
Kedua jenis gangguan tiroid ini bisa menyebabkan Anda mengalami kerontokan rambut.

Cara mengatasi: Konsultasikan dengan dokter mengenai pengobatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Dokter mungkin akan meresepkan obat hormon tiroid untuk mengembalikan kadar hormon kembali normal. Tes rutin TSH mungkin akan Anda jalani untuk memastikan penakaran dosis yang sesuai. Begitu kadar hormon tiroid Anda kembali normal, rambut rontok Anda juga akan kembali kuat.

8. Penyakit autoimun

Alopecia areata adalah gangguan autoimun tubuh di mana sistem kekebalan tubuh menganggap rambut sebagai partikel asing berbahaya dan balik menyerang folikel rambut. Penyebabnya belum pasti, namun alopecia areata bisa dialami oleh wanita dan pria. Para ilmuwan memperkirakan faktor penting dari gangguan ini termasuk stres.
Kondisi ini timbul dalam tiga bentuk. Biasanya, alopecia areata menyebabkan area kebotakan kecil pada kulit kepala, lebih dikenal sebagai pitak, atau kerontokan rambut sebagian pada alis, atau bulu kaki. Kebotakan penuh pada kepala disebut sebagai alopecia totalis, sementara jika kebotakan terjadi pada seluruh tubuh disebut alopecia universalis.

Lupus adalah penyakit autoimun kronis yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat. Kondisi ini memengaruhi kurang lebih 1,5 juta orang di seluruh dunia dan cenderung menyerang wanita selama masa kehamilan.

Lupus menyebabkan kelelahan yang amat sangat, sakit kepala, sariawan mulut, dan persendian membengkak dan terasa sakit. Banyak orang menunjukkan ruam memerah berbentuk seperti kupu-kupu di wajah dan menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Banyak pengidap lupus juga mengalami kerontokan rambut, yang mungkin diikuti oleh kepitakan dan iritasi memerah pada kulit kepala.

Cara mengatasi: Jika Anda menyadari adanya perubahan pada rambut rontok Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut mengenai penyebab pasti dari masalah Anda. Penyakit autoimun bisa diatasi dengan terapi dan pengobatan khusus di bawah pengawasan dokter.

9. Polycystic ovary syndrome (PCOS)

PCOS adalah gangguan ketidakseimbangan antara hormon seks wanita dan pria. Kelebihan hormon androgen bisa menyebabkan timbulnya kista dalam rahim, kenaikan berat badan, risiko rentan diabetes, perubahan siklus menstruasi, ketidaksuburan, dan rambut rontok. PCOS pada wanita juga bisa menimbulkan pertumbuhan rambut yang tidak semestinya pada sejumlah bagian tubuh, seperti kumis dan jenggot.
Cara mengatasi: PCOS dapat ditangani dengan konsumsi pil kontrasepsi resep yang mengandung anti-androgen pemblokir testosteron. Alternatif lainnya, dokter akan meresepkan spironolactone yang juga menghadang hormon seks pria, prosedur bedah pengangkatan kista, atau dengan perubahan pola dan gaya hidup sehat.

10. Kulit kepala yang tidak sehat

Kulit kepala yang tidak sehat bisa menyebabkan peradangan, sehingga menyulitkan rambut untuk tumbuh dengan baik.
Kondisi kulit yang menyebabkan rambut rontok termasuk dermatitis seboroikpsoriasis, dan infeksi jamur.
Cara mengatasi: tergantung dari kondisi yang Anda alami, pengobatan akan berbeda, misalnya shampoo obat untuk dermatitis seboroik, obat-obatan topikal atau oral untuk psoriasis, dan obat cacing oral untuk infeksi jamur akibat cacing pita.

11. Terlalu sering menata rambut

Terlalu sering menata ramut menggunakan peralatan panas dan produk rambut berbahan kimia keras bisa memengaruhi akar rambut dan menyebabkan rambut rapuh dan rontok, sulit untuk kembali tumbuh.
Cara mengatasi: Untuk meringankan efek samping dari produk styling rambut, selalu gunakan kondisioner saat mandi dan lindungi rambut sebelum ditata menggunakan peralatan panas dengan kondisioner heat-protectant.

12. Trichotillomania

Trichotillomania adalah gangguan kontrol impuls yang menyebabkan seseorang untuk secara terus menerus dan tanpa sadar (impulsif) mencabut rambutnya. Kondisi ini akan mengiritasi kulit kepala dan merontokkan perlindungan alami rambut. Trichotillomania umum ditemukan pada wanita dan pria.

Cara mengatasi: Antidepresan cukup efektif untuk mengatasi kondisi ini, namun terapi kontrol perilaku adalah salah satu alternatif pengobatan yang sama efektifnya.

Kondisi kantong rambut yang mengecil menjadi penyebab rambut rontok secara berlebihan dan kemampuan rambut untuk tumbuh menjadi menurun secara drastis. Penyebab rambut rontok parah yang disebabkan oleh hormon ini membuat 70% kerontokan rambut terjadi pada pria dan sekitar 40% terjadi pada wanita.

Penyebab rambut rontok berlebihan pada wanita dan cara mengatasinya
Selain karena adanya gangguan hormon DHT, penyebab rambut rontok yang berlebihan atau rambut rontok parah bisa diakibatkan oleh kondisi – kondisi sebagai berikut :

Faktor kesehatan
  • Kurangnya asupan gizi dan vitamin
Kurangnya asupan gizi bisa menyebabkan gangguan kesehatan rambut yang pada akhirnya bisa menyebabkan rambut mudah rontok. Kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin E, A, C, D serta beberapa mineral dan juga zinc akan membuat kesehatan rambut menjadi menurun dan pada akhirnya menyebabkan rambut menjadi mudah rontok.
  • Zat kimia
Penyebab kerontokan rambut bisa terjadi pada rambut yang sering diberi perlakukan dengan menggunakan zat kimia untuk keperluan hair styling. Pemakaian zat – zat kimia bisa menyebabkan rambut mudah rusak dan pada akhirnya rontok.
  • Penyakit diabetes, hipertirodisme dan sindrom down
Penyebab rambut rontok lainnya bisa disebabkan oleh beberapa penyakit seperti diabetes, hipertirodisme dan sindrom down. Kerontokan rambut yang disebabkan oleh penyakit ini dialami oleh para remaja dan dewasa muda. Namun setelah 1 tahun biasanya rambut akan tumbuh kembali.
  • Pemakaian obat obatan
Penyebab lain dari rambut rontok adalah pemakaian obat – obatan. Pemakaian obat yang terus menerus terhadap beberapa penyakit seperti arthritis, jantung, depresi, dan hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menyebabkan rambut rontok.
  • Stress atau tekanan psikologis
Tekanan psikologis atau stress bisa menyebabkan rambut semakin menipis. Namun beberapa pendapat mengemukakan jika kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor psikologis adalah sementara.
  • Penyakit kulit serta auto imun
Penyebab rambut rontok berlebihan bisa dikarenakan adanya penyakit kulit sehingga terbentuk tukak dan penyakit autoimun yang dapat membuat rambut rontok permanen.
Contoh kondisi ini antara lain sarkoidosis, ichen planus serta lupus eritematosus diskoid.
  • Terapi pengobatan penyakit kanker
Penyebab lain dari rambut rontok berlebihan adalah terapi untuk mengobati penyakit kanker. Kemoterapi, radioterapi dapat menyebabkan rambut rontok parah dan permanen. Kerontokan rambut ini akan menyeluruh terjadi disemua bagian kulit kepala.

Faktor hairstyling & perawatan

Penyebab kerontokan rambut bisa terjadi karena proses penataan rambut yang salah. Berikut diantaranya :
  • Jarang keramas
Jarang keramas menjadi faktor penyebab rambut rontok. Rambut yang jarang dikeramas akan membuat rambut tersebut menjadi lepek sehingga mudah rontok. Rambut yang jarang dikeramas akan sulit menyerap nutrisi sehingga kesehatan rambut menurun. Inilah salah satu penyebab rambut Anda menjadi rontok karena kondisi rambut sendiri yang menjadi tidak sehat.
  • Terlalu kencang mengikat rambut
Terlalu kencang mengikat rambut bisa saja menyababkan rambut menjadi rontok. Disarankan untuk mengikat rambut tidak lebih dari 2 jam saja.

Faktor lain
  • Merokok
Rokok mengandung zat aditif yang dapat merusak organ dalam tubuh. Selain itu, rokok bisa menjadi penyebab rambut rontok karena rokok juga akan mempengaruhi kesuburan rambut. Penelitian ini diuktikan oleh jurnal Archives of Dermatology dimana rokok akan menghambat dan merusak suplai darah yang menuju ke folikel rambut.
  • Sinar matahari
Menurut Wikipedia, seringnya kita beraktifitas di bawah terik matahari akan menyebabkan berkurang keratin rambut yang menyebabkan rambut menjadi rontok. Keratin ini adalah protein yang ada pada rambut, gigi dan kuku. Keratin ini juga berfungsi menjaga kesehatan rambut agar tetap terlihat berkilau.
  • Infeksi pada kulit kepala
Infeksi yang terjadi pada kulit kepala bisa menyebakan rambut menjadi rontok. Jika tidak segera diatasi, maka bisa saja rambut menjadi rontok bahkan menjadi semakin parah dan timbul kebotakan.

Minyak Jarak Di Apotik, Jual Minyak Jarak Murni, Minyak Kastor Untuk Rambut


Detail produk dari Castor Oil (Minyak Jarak)- Perawatan Rambut dan Kulit

Minyak jarak kaya akan vitamin E, yang mampu menutrisi rambut dari akar sampai ke ujungnya terutama untuk rambut mudah patah dan bercabang, Minyak jarak juga mengandung asam amino, omega 6 dan 9 yang mampu menguatkan akar rambut dan menjaga kesehatan rambut.

Merawat rambut:

* Kerontokan, rambut menipis, kulit kepala gatal dan kering, atau rambut kering, oleskan minyak jarak dari ujung kulit kepala hingga ujung rambut lalu tutup dengan kain hangat atau shower cap selama 2 jam atau saat tidur malam. Setelah itu cuci rambut seperti biasa. Lakukan rutinitas ini 1x seminggu, dan dalam 3 bulan akan melihat perbedaannya.

* Untuk perawatan biasa agar rambut lebih sehat dan berkilau: menambahkan minyak jarak dalam conditioner atau meneteskan 1-2 tetes minyak jarak pada kulit kepala sebelum tidur. Bagi yang ingin memiliki rambut hitam panjang dengan cepat, minyak jarak adalah solusi terbaik. Dengan penggunaan minyak jarak secara rutin (1x seminggu), pertumbuhan rambut akan bertambah 2x lebih cepat dari biasanya.

Merawat Kulit:

*
 Pelembab kulit. Dengan konsistensinya yang sangat kental dan kandungan asam lemak, castor oil merupakan pelembab kulit yang paling baik untuk kulit kering. Oleskan sebagai pelembab setiap malam sebelum tidur.

* Antiaging natural. Castor oil mampu mendorong produksi kolagen dan elastin pada kulit, sehingga mampu memperlambat kemunculan kerutan. Oleskan castor oil pada bagian yang mudah muncul kerutan setiap malam.

* Melawan Jerawat. Ricinoleic acid (RA) - asam lemak C18 adalah zat yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Oleskan minyak castor setelah membersihkan wajah dengan air hangat saat malam sebelum tidur. Diamkan semalaman dan bilas hingga bersih saat bangun pagi.

Ada 2 Uk untuk pembelian Castor Oil Merk. Natural Hut:

Uk 120ML: Rp. 90.000

Uk 450ML: Rp. 200.000

Minyak Jarak Di Apotik, Jual Minyak Jarak Murni, Minyak Kastor Untuk Rambut
Minyak Jarak Di Apotik, Jual Minyak Jarak Murni, Minyak Kastor Untuk Rambut

Keunggunalan Minyak Jarak/Castor Oil Di Banding Produk Lain:

1.     Multimanfaat, satu Botol Minyak Jarak bermanfaat untuk berbagai permasalahan kesehatan kulit dan rambut. Anda tidak perlu koleksi banyak produk untuk atasi keluhan kesehatan kulit dan rambut.
2.     Terbuat dari bahan-bahan alami/herbal, dan ini sudah tentu aman untuk digunakan.
3.     Tidak memiliki efek ketergantungan, pemakaian bisa dihentikan kapan saja tanpa ada efek samping.
4.     Sudah teruji  khasiatnya selama bertahun – tahun oleh masyarakat diberbagai belahan dunia, dan sudah teruji dilabotorium kesehatan.

Fungsi Utama dari  MINYAK JARAK/ CASTOR OIL yaitu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan KULIT & RAMBUT.

Untuk Masalah Kulit contonya seperti untuk kulit kering, mengobati jerawat , untuk menghilangkan bekas luka/ lecet.
Sedangkan untuk masalah rambut bisa digunakan untuk perawatan rambut agar tetap sehat, menyuburkan rambut, mencegah ketombe, mengatasi kerontokan rambut, menghitamkan rambut secara alami, menumbuhkan rambut dan bulu-bulu halus seperti bulu halis,  dan masih banyak manfaat lainnya.

Cara Penggunaan Minyak Jarak/ Castor Oil:

Pada dasarnya cara penggunaanya hampir sama dengan minyak angin atau sejenisnya, yaitu dengan cara mengoles bagian tubuh yang hendak kita obati. Tetapi ada beberapa cara lain yang bisa kita lakukan diantanya :
  • Untuk perawatan rambut biasa agar lebih sehat dan berkilau: Meneteskan 1-2 tetes minyak jarak pada kulit kepala sebelum tidur. Dengan penggunaan minyak jarak secara rutin (1kali/minggu), pertumbuhan rambut akan bertambah 2 kali lebih cepat dari biasanya.
  • Untuk mengobati kerontokan rambut, penipisan rambut atau kulit kepala gatal : Oleskan minyak jarak dari ujung kulit kepala hingga ujung rambut lalu tutup dengan kain hangat/shower cap selama 2 jam atau saat tidur malam. Setelah itu cuci rambut seperti biasa. Lakukan rutinitas ini 1 kali/minggu, dan dalam 3 bulan akan terlihat perbedaannya.
  • Untuk Perawatan Kulit : Oleskan sebagai pelembab setiap malam sebelum tidur.
  • Untuk memperlambat kerutan : Oleskan minyak jarak pada bagian yang mudah muncul kerutan setiap malam.
  • Mengobati Jerawat : Bersihkan wajah dengan air hangat lalu oleskan minyak jarak saat malam sebelum tidur. Diamkan semalaman & bilas hingga bersih saat bangun pagi.
  • Membantu Radang Sendi, Nyeri Otot, dan Asam Urat : Gosok minyak jarak ke daerah yang kaku dan nyeri pada bagian kaki yang sakit.

Dimana Beli Castor Oil?

Selain diapotik minyak jarak/castor oil ini bisa anda dapatkan di website kami anda tinggal pesan dan barang langsung kami proses untuk pengiriman ke alamat anda. Caranya cukup mudah Dengan segudang manfaat minyak jarak tersebut tentu Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya. Saat ini minyak jarak belum banyak dijual di apotek maupun di toko-toko obat yang ada. Sehingga akan kesulitan bila mencari minyak jarak secara offline.

Masih sedikit minyak jarak yang dijual bebas seperti di apotik. Kalaupun ada, Harga Minyak Jarak sudah lumayan mahal. Anda bisa mendapatkan minyak jarak merk Natural Hut secara online dan hubungi kontak yang tertera dibawah ini.

Order Via WA: 087889677396

Pengiriman melalui JNE:




Harga belum termasuk ongkos kirim. Untuk perkiraan ongkos kirim ke kota Anda, bisa lihat di website JNE dengan asumsi berat 1 botol = 1 kg.

Namun saat ini, anda tidak perlu repot lagi untuk mendapatkan minyak jarak. tidak perlu membuat sendiri, sudah ada beberapa produsen minyak jarak yg dikemas secara higienis, aman dan murah dan tentunya memiliki banyak sekali manfaat yang didapat dalam menggunakan minyak castor oil ini. Sudah banyak yang memakai minyak ini untuk beberapa cara untuk mengatasi dengan menggunakan minyak jarak merk castor oil ini yang sudah hampir seluruh Indonesia menggunakannya. Jadi tunggu apalagi untuk anda segera saja langsung pesan dan order sekarang dan rasakan sendiri khasiat dari minyak jarak.

Castor Oil Natural Hut Ini Sudah Terbukti Manfaat dan Kualitasnya

Jika berminat bisa hubungi WA: 087889677396


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Minyak Jarak

Jual Minyak Jarak Di Surabaya

Jual Castor Oil Murni